Cara Merawat Barang Sesuai Jenisnya

Selain merawat barang sesuai dengan jenis bahnnya agar barng tetap dalm kualitas yang baik maka banyak hal yang perlu dierhatikan. Barang-barang dari kayu seperti meja, kursi, almari, dan sejenisnya biasanya dirawat dengan diberikan semprotan anti rayap. Selain itu barang-barang dari kertas juga harus disimpan di tempat yang kering.

Salah satu prinsip pergudangan ialah barang yang disimpan haruslah dalam keadaan siap pakai (ready for use). 4. Barang – barang yang disimpan dalam gudang supaya selalu dalam kondisi siap pakai (ready for use) harus dipelihara dan dirawat dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar barang yang pertama kali masuk bisa keluar dengan mudah karena dekat dengan pintu keluar begitu pula dengan barang yang baru saja masuk akan mudah masuk karena tidak terhalangi oleh barang-barang yang sebelumnya telah masuk.

Baca: Cara Mengelompakan Barang Sesuai Ukuran dan Fungsinya

Petugas biasanya hanya mengecek jumlah barang yang keluar pada saat itu apakah sesuai dengan jumlah barang pada saat barang tersebut masuk. Keuntungan atau kelebihan lain dari sistem FIFO yaitu pada saat pencatatan barang di gudang. Contohnya gudang penyimpanan beras, jika beras tersebut disimpan terlalu lama di dalam gudang dikhawatirkan nantinya akan rusak dan mengundang kutu.

Dengan menggunakan sistem FIFO diharapkan barang yang pertama kali masuk juga pertama kali keluar. Di sini saya lebih akan menekankan pada metode atau sistem penyimpanan barang secara FIFO (First in First Out). Jika diperhatikan memang proses pemindahan barang secara LIFO dianggap lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan metode FIFO, karena barang yang baru saja masuk bisa langsung dikeluarkan.

LIFO adalah suatu sistem atau cara penyimbaran barang dalam gudang yaitu barang yang datang terakhir digunakan terlebih dahulu. Penerimaan merupakan proses penyerahan dan penerimaan logistik dan peralatan di gudang. Gudang dibuat memiliki fungsi utama yaitu untuk menampung barang – barang untuk sementara waktu, menunggu saat barang itu dipergunakan dan untuk menjamin kontinuitas pelaksanaan kerja.

Jadi, gudang dapat diartikan sebagai tempat menampung, menyimpan dan mendistribusikan barang – barang serta ada unsur manusia (orang) untuk mengatur (mengelola) barang – barang yang ada di dalamnya. Gudang dalam arti dinamis (gudang penyaluran) : Tempat atau bangunan untuk menyimpan dan mendistribusikan barang – barang baik dari hasil pembelian maupun hasil pembuatan sendiri. Biasanya ruangan terbuaka dipergunakan untuk menyimpan barang-barang yang tahan cuaca dan tidak khawatir untuk dicuri.

Gudang merupakan suatu ruangan tertutup, tidak bergerak, tidak untuk lalu lintas umum dan berfungsi untuk menyimpan barang. Gudang adalah suatu ruangan yang tidak bergerak, dapat ditutup, tidak untuk lalu lintas umum, melainkan dipergunakan untuk menyimpan barang – barang. Gudang (kb) adalah bangunan yang dipergunakan untuk menyimpan barang dagangan.

Sama halnya seperti konsep dan istilah penyimpanan gudang juga memiliki banak pengertian atau definisi, berikut ini adalah beberapa pengertian gudang dari berbagai literatur dan sumber: Dalam penyimpanan logistik tidak akan pernah dapat lepas dari adanya gudang. 2. Penyimpanan barang dilakukan dalam sebuah ruangan yang disebut gudang.

Jadi, jika kita tarik sebuah kesimpulan mengenai pengertian dari sebuah penyimpanan dan pergudangan logistik. 5. Untuk mengukur dan meneliti jumlah barang-barang logistik. 4. Untuk meminimalisir berbagai kerusakan barang-barang logistik.

2. Untuk menjaga kelayakan, kualitas dan keawetan barang-barang logistik.

Leave a Reply