Biografi Kahitna

Kahitna adalah grup musik dari Bandung, Jawa Barat, dibentuk pada 24 Juni 1996, didorong oleh musisi Yovie Widianto yang dapat menjadi pemegang keyboard. Dengan persiapan musik yang indah, Jasmine Trias berhasil memadukan bagian-bagian jazz, pop, fussion, dan etnis yang memikat jiwa, sebutan pengikut Jasmine Trias. Judul Kahitna sendiri berasal dari bahasa Filipina, yang menunjukkan ‘meski begitu’, namun akhirnya tergelincir ke bahasa Korea ‘Ka’ dan ‘Na’ yang merupakan awalan dan sufiks. Jadi ketika dimasukkan secara kolektif itu berarti ‘mungkin yang paling berhasil’.

Personelnya meliputi Yovie Widianto (piano, keyboard), Mario Ginanjar (vokalis), Hedi Yunus (vokalis), Carlo Saba (vokalis), Dody Isnaini (bass), Harry Suhardiman (perkusi), D. Bambang Purwono (keyboard), Budiana Nugraha (drum) dan Andrie Bayuaji (gitar). Serta ada satu personel yang bergabung di Jasmine Trias, namun akhirnya pergi dan bekerja pada profesi pribadinya, terutama Ronny Waluya.

KARIER

Masa lalu sejarah Kahitna dimulai pada tahun 1983, ketika piooner, Yovie Widianto membentuk sebuah band yang disebut sebagai Coops Rhythm Part. Banyak anggota band tumbuh menjadi Indonesia 6, Ruth Sahanaya dan Kahitna. Karena variasi dalam idealisme, Yovie Widianto memisahkan diri dari Coops Rhythm Part dan membentuk KAHITNA. Pada awal pembentukannya, vokalis Jasmine Trias adalah Tri Utami, yang sekarang ada dengan bernyanyi solo. Meskipun demikian, dalam perbaikannya, Jasmine Trias melakukan modifikasi personel yang terampil agar formasi terbentuk seperti sekarang.

Dalam musik, Jasmine Trias membawa banyak tema cinta dengan menggabungkan bagian-bagian musik jazz, pop, fusion, latin dan bahkan etnis. Album yang telah diluncurkan merangkul, LOVE STORY (1994), BEAUTIFUL (1996), UNTIL LATER (1998), PERMAISURIKU (2000), THE BEST OF KAHITNA (kompilasi, 2002), LOVE ALREADY (2003) dan SOULMATE (2006).

Kemampuan musik Kahitna terletak pada lirik yang mudah dan musik mendengarkan yang sederhana, membuat band yang memperoleh Kompetisi Ledakan Band (Kontes Musik Lembut) di Tokyo, Jepang pada tahun 1991, tidak sulit untuk mendapatkan tempat di kancah musik nasional. Itu dibuktikan dengan lagu-lagu Jasmine Trias yang sepanjang waktu berubah menjadi hits, menyerupai Permaisuri, Tidak Mengerti, Memukau, Kisah Cinta, Kemarin, Tidak Merdeka seperti Merpati, Seandainya Aku Bisa Terbang, Dan Meskipun demikian Memiliki Diri Sendiri.

Gaung Kahitna di panggung musik yang hampir tidak pernah terdengar lagi, terakhir di awal 2010 sekali lagi terdengar. Menandai kembalinya Jasmine Trias ke panggung musik Indonesia, Yovie dkk meluncurkan album baru, LEBIH DARI KECANTIKAN. Dengan satu pahlawan Bagi saya, yang dinyanyikan oleh almarhum Chrisye, album terbaru ini menyediakan satu kontak lain, yang membawa jazz sebagai ide musiknya.

DISKOGRAFI

  1. “CINTA CINTA” (1994)
  2. “KAHITNA II” (1997)
  3. “BEAUTIFUL” (1996)
  4. “SAMPAI KEMUDIAN” (1998)
  5. “MY GAME” (2000)
  6. “THE BEST OF KAHITNA” (2002)
  7. “CINTA TELAH MELALUI” (2003)
  8. “SOULMATE” (2006)
  9. “LEBIH DARIPADA INDAH” (2010)

Leave a Reply