Delapan Penyebab Umum Mulut Kering (Xerostomia) Yang Layak Dijauhi

sumber gambar: hellosehat.com

Mulut kering atau xerostomia merupakan salah satu masalah umum yang sudah dialami oleh sebagian besar orang. Dengan adanya masalah ini, pasti banyak yang mengeluhkan atas ketidaknyamanan dalam melakukan segala sesuatu yang memanfaatkan aktivitas mulut. Contohnya ketika seseorang mengunyah, bernapas, dan berbicara. Apabila masalah ini tidak segera diobati maka akan menimbulkan masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami penyebab umum mulut kering agar meminimalisir gejala dan pulih kembali. Lantas apa saja yang menjadi penyebabnya? Simaklah uraian di bawah ini.

  • Faktor Usia

Bersumber dari artikel hellosehat.com, terdapat fakta yang menyatakan bahwa seiring pertambahan umur seseorang ternyata dapat mengakibatkan produksi air liurnya semakin menurun. Inilah alasannya banyak penderita mulut kering dialami oleh nenek, kakek, dan lain-lain.

  • Mendengkur

Bagi anda yang sering mendengkur ketika tidur, maka sebaiknya berhati-hati. Sebab mendengkur atau bernapas lewat mulut mengakibatkan mulut anda kering. Adanya indikasi klinis sleep apnea akan muncul jika ketika bangun pagi ternyata mulutnya kering. Ini semua dapat disembuhkan dengan melakukan konsultasi pada dokter spesialis tidur agar meminimalisir ataupun menghilangkan dengkuran seseorang ketika tidur.

  • Mempunyai Masalah Sinus

Dokter Bhuyan menyatakan bahwa seseorang yang memiliki karakter hidung polip atau deviasi septum akan mengalami kesulitan untuk bernapas melewati hidung. Dalam mengatasi masalah tersebut biasanya mereka memiliki pilihan lain dengan bernapas melalui mulut. Inilah yang menjadi penyebab mulutnya mengering. Disisi lain, adanya hambatan mengenai sinus juga berpeluang untuk kegiatan mengorok atau mendengkur.

  • Mempunyai Penyakit Autoimun

Seorang dokter keluarga dari Arizona bernama Natasha Bhuyan, M.D menjelaskan bahwa ketika seseorang merasakan mulutnya kering kemudian minum banyak air untuk melembabkan mulut namun ternyata gagal sebaiknya berhati-hati. Sebab bisa jadi keringnya mulut ini bukan akibat dari dehidrasi namun akibat adanya masalah medis. The National Institute of Health menyatakan bahwa keadaan medis yang mungkin terdeteksi ialah Sjogren’s syndrome. Sindrom ini juga berkaitan dengan autoimun yang mampu membuat tubuh menyerang kelenjar yang menghasilkan air liur dan air mata. Hal ini dapat ditandai dengan melihat gejala fisiknya, berupa mulut kering dan mata kering. Dilansir dari Self, biasanya dokter akan mengusulkan untuk menghisap lozenges, mengunyah permen karet bebas gula, ataupun resep obat lain.Mengutip dari artikel pada honestdocs.id, mengisap permen karet atau permen free sugar dapat meningkatkan produksi air liut seseorang.

  • Merokok dan Alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa rokok merupakan sesuatu yang harus dihindari karena berefek pada organ paru-paru. Namun konsumsi rokok ternyata juga dapat mengurangi produksi air liur seseorang. Begitu juga ketika sering mengonsumsi alkohol. Alhasil mengakibatkan mulut menjadi kering.

  • Dehidrasi

Penyebab ini pasti sudah tidak asing bagi semua orang. Wajar bukan karena banyak masyarakat beranggapan bahwa dehidrasi berhubungan dengan mulut kering. Untuk mengatasi penyebab ini, anda hanya perlu berusaha untuk meminum air putih lebih banyak dan rutin agar kondisinya semakin membaik.

  • Mempunyai Virus atau Infeksi

Ada beberapa kasus di mana virus dan infeksi menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami mulut kering. Contohnya ialah pasien HIV/AIDS. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai infeksi dan virus dapat anda konsultasikan dengan dokter.

  • Sedang Mengonsumsi Beberapa Jenis Obat

Ternyata ada beberapa jenis obat yang menjadi penyebab umum mulut kering. Contohnya penggunaan obat untuk ADD (Adderall), obat penenang, obat hipertensi, obat bius, obat nyeri otot, obat hipertensi,  atau obat antihistamin. Disisi lain, berdasarkan pernyataan dari dokter Amy Esposito, M.D., ada juga beberapa jenis obat antidepresan atau mengatasi kecemasan dapat membuat mulut kering.

Demikian ada delapan macam hal yang menjadi penyebab umum mulut kering. Harapan setelah adanya ulasan ini, anda dapat menjadi lebih berhati-hati dan jagalah kesehatan. Jika tidak segera di atasi, ternyata akan menyebabkan komplikasi seperti yang dilansir pada alodokter.com, yaitu timbulnya masalah ketika menelan dan mengunyah, bibir pecah-pecah, infeksi jamur pada mulut, sariawan, munculnya karang gigi, gigi berlubang, dan masalah gusi lainnya. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply