Moda Transportasi Paling Fleksibel Di Dunia

gambar transportasi sepeda

Populasi perkotaan di negara-negara berkembang diproyeksikan akan terus tumbuh, menambah 2,5 miliar orang ke kota-kota dunia pada tahun 2050, dengan hampir 90 persen peningkatan terkonsentrasi di Asia dan Afrika. Pada saat itu, lebih dari setengah populasi dunia akan tinggal di kota.

Langkah kunci untuk mengelola urbanisasi yang cepat, mengurangi kemiskinan dan mengatasi masalah keadilan dan lingkungan di antara penduduk perkotaan adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka akan akses ke layanan dan peluang. Berjalan kaki dan bersepeda adalah moda transportasi rendah karbon yang meningkatkan kualitas perkotaan dan memfasilitasi kohesi sosial. Mereka murah, fleksibel, dan merupakan moda pribadi yang tanpanya kebanyakan orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak akan dapat berpartisipasi dalam ekonomi dan masyarakat, atau mengakses pendidikan, perawatan kesehatan dan layanan perkotaan lainnya.

Menurut Laporan Global Lingkungan Hidup PBB tentang jalan kaki dan bersepeda yang diterbitkan pada tahun 2016, hingga 60 persen dari perjalanan kota dilakukan dengan sepeda di kota-kota Cina sementara di kota-kota Afrika bagiannya lebih dekat ke 5 persen. Selain itu, di Malawi, negara berkembang di Afrika Timur, 80 hingga 90 persen orang yang bergerak di jalan pedesaan adalah pengendara sepeda. Survei Perjalanan Belanda melaporkan bahwa 2016 melihat total 4,5 miliar perjalanan sepeda, mencakup jarak 15,5 miliar kilometer.

Institut Kebijakan Transportasi dan Pengembangan panduan bikeshare melaporkan bahwa hari ini, lebih dari 600 kota di seluruh dunia memiliki sistem bikeshare mereka sendiri, dan program yang lebih mulai setiap tahun. Sistem terbesar berada di Cina, di kota-kota seperti Hangzhou dan Shanghai. Di Paris, London dan Washington, DC, sistem yang sangat sukses telah membantu mempromosikan bersepeda sebagai pilihan transportasi yang layak dan bernilai.

Bersepeda mengarah ke kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat

Bersepeda telah menjadi populer karena berbagai alasan. Ini membantu mengurangi risiko diabetes, beberapa bentuk kanker, penyakit kardiovaskular dan depresi. Penelitian dari Inggris menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja dikaitkan dengan 45 persen risiko lebih rendah terkena kanker, dan 46 persen lebih rendah risiko penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan bepergian dengan mobil atau angkutan umum.

Manfaat kesehatan bersepeda setiap hari daripada naik mobil untuk perjalanan singkat lebih besar daripada risiko menghirup polutan udara. Olahraga harian seperti mengendarai sepeda memperpanjang harapan hidup sekitar 3,4 tahun sedangkan menghirup udara yang tercemar mengurangi harapan hidup hingga 1 hingga 40 hari. Bersepeda secara teratur meningkatkan kebugaran fisik dan merupakan cara yang efisien untuk mencegah obesitas.

Bersepeda membangkitkan perasaan positif dan merupakan olahraga yang mudah

Di Washington, DC, Pertemuan Tahunan ke-92 Transport Research Board melaporkan bahwa orang yang berjalan atau bersepeda ke tempat kerja cenderung lebih puas, kurang stres, lebih santai dan mengalami kebebasan yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengendarai mobil mereka untuk bekerja.

Oleh karena itu penggunaan sepeda tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan subjektif.

Peningkatan penggunaan sepeda berarti menurunkan emisi gas rumah kaca

Beralih dari mobil ke sepeda menghemat 150 g CO 2 per kilometer. Setiap 7 km dengan sepeda akan menghemat emisi 1 kilogram CO 2 dibandingkan dengan jarak yang sama yang ditempuh oleh mobil. Dalam periode lima tahun, orang-orang Belanda menghindari 1,41 juta ton CO 2 setiap tahun melalui bersepeda. Penghematan ini setara dengan 54,4 juta pohon yang ditanam setiap tahun . Nilai iklim bersepeda di bangsal Kota Batu, Zanzibar diperkirakan mencapai 1.062,4 ton CO 2 per tahun.

Bersepeda menghemat uang

Dengan bersepeda juga kita bisa lebih menghemat pengeluaran biaya kehidupan. Dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi, bepergian dengan sepeda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar. Selain sehat untuk tubuh, pergi bekerja dan melakukan berbagai aktivitas menggunakan sepeda juga membuat kita lebih irit dalam hal keuangan.

Leave a Reply