Pulau samosir surga ditengah danau toba

Pulau Samosir, pulau vulkanik yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini sangat unik sebab posisinya pas di tengah Danau Toba. Ketinggiannya menggapai 1. 000 mdpl, sehingga menarik atensi banyak turis, baik dari dalam ataupun luar negara.

Pulau Samosir terletak di daerah Kabupaten Samosir dengan luas daerah menggapai 640 km persegi, sehingga menjadikannya pulau di tengah danau terluas di dunia. Pulau Samosir tercipta sehabis terbentuknya erupsi vulkanis dekat 75 ribu tahun silam.

Buat mengarah pulau ini, kita wajib menempuh ekspedisi memakai kapal feri dari Parapat. Terdapat 2 tipe kapal feri yang melayani rute ke Pulau Samosir, ialah feri yang cuma mengangkat penumpang, serta feri yang dapat mengangkat kendaraan roda 4. Buat menyeberang, cuma butuh membayar tiket dengan harga Rp10. 000 saja.

Sepanjang menyeberang, dipastikan tidak hendak merasa bosan, sebab terus menerus disuguhi panorama alam indah Danau Toba serta alam di sekelilingnya.

Menjelajahi Perkampungan Unik

Perihal awal yang hendak kita temui merupakan keramahan penduduk lokal. Di mari kita pula dapat menyaksikan pertunjukkan Sigale- gale. Pertunjukan yang menunjukkan boneka yang bergerak sendiri. Kok dapat? Konon, pertunjukan yang tadinya terbuat buat menghibur hati Raja Rahat itu memakai mantra- mantra, supaya dapat membuat boneka bergerak dengan sendirinya.

Setelahnya, kita dapat menjelajahi ke bermacam kampung. Di antara lain, Kampung Siallagan di Desa Ambarita Pulau Samosir. Perkampungan yang dikelilingi batu- batu besar bertingkat ini tadinya dibentuk pada masa Raja Laga Siallagan, serta terus diwariskan sampai dikala ini. Uniknya, di dalam kampung itu ada Batu Sidang yang berperan buat mengadili penjahat, pelanggar hukum adat, dan musuh politik si raja.

Kemudian terdapat Desa Suhi- Suhi yang ditempati pengrajin kain ulos. Kita dapat memandang langsung penenunan yang dicoba masyarakat. Nyatanya, kita pula dapat membeli kain ulos yang indah serta bermutu. Untuk yang ingin belajar menenun pula dapat, kok. memohon dorongan kepada penduduk desa buat diajari, lho.

Danau di Tengah Danau

Pulau Samosir yang tercipta sebab erupsi vulkanis pula mempunyai 2 buah danau di dalamnya. Perihal ini sangat unik sebab berarti terdapat danau di tengah danau.

2 danau unik itu merupakan Danau Sidihoni serta Danau Aek Natonang. Dua- duanya menawarkan panorama yang menawan dan air danau yang jernih serta tenang. Suasananya yang tenang, damai, serta sejuk jadi energi tarik tertentu.

Nah, untuk pemburu gambar, danau ini harus didatangi, sebab terdapat spot gambar menarik di atas jembatan penyeberangan yang dibuat dari bambu. Tidak hanya itu, pepohonan pinus di dekat danau pula jadi spot gambar yang lumayan menawan.

Jika mau berlama- lama menikmati atmosfer danau, kita pula dapat mendirikan tenda di sektiar danau. Tidak hanya itu, kita pula dapat bersantai di hammock yang ditemani semilir angin sejuk. Tetapi tidak diajarkan buat berenang, ya! Karena di dalam air ada lumpur pekat yang bisa membahayakan kita.

Leave a Reply